PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SEMARANG
Abstract
Latar belakang penelitian ini yakni karakter disiplin siswa belum terlihat adanya karakter-karakter kuat yang diterapkan pada nilai-nilai secara umum. Budaya sekolah yang dimiliki SMP N 14 Semarang yaitu budaya jujur, saling percaya, kerja sama, membaca, efisien, bersih, berprestasi, memberi penghargaan dan menegur. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif, penelitian ini terdapat dua variabel yaitu budaya sekolah (X) dan kedisiplinan siswa (Y). Populasi penelitian berjumlah 302 siswa dengan sampel 172 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunaan random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis menggunakan nilai signifikasi. Penelitian ini dimulai dengan menyebar angket kepada siswa dengan sampel sebanyak 172 siswa di kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh budaya sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP N 14 Semarang sebesar 12,2%. Indikator yang mempengaruhi dari aspek budaya sekolah yakni budaya bersih sedangkan dari aspek kedisiplinan siswa yakni memakai seragam dengan lengkap dan rapi.