PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTON PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEMALANG
Abstract
Masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI MIPA di SMA 3 Pemalang menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa SMA 3 Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang terbagi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu 144 siswa sedangkan sampel berjumlah 36 dari kelas kontrol, dan 36 dari kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket , tes, dokumentasi. Analisis data yang di gunakan yaitu Uji validitas dan reliabilitas ,Uji-t, uji normalitas, dan uji homogenitas adalah contoh-contoh teknik analisis data. Berdasarkan temuan penelitian ini rata-rata jumlah siswa yang menunjukkan minat terhadap media dalam tanggapannya terhadap media pembelajaran konvensional adalah 87,6 masuk kedalam kategori tertarik. Sedangkan respon siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon mendapat rata-rata 99,8 dengan klasifikasi sangat tertarik pada media. Nilai rata-rata pretest siswa di kelas kontrol adalah 69,43, dan nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa adalah 75,00 atau meningkat 5,57 persen. Sedangkan rata-rata nilai pretest siswa pada kelas eksperimen adalah 65,45, dan rata-rata nilai posttest adalah 78,30 yang merupakan peningkatan sebesar 12,85 persen. Hasil belajar siswa meningkat tidak hanya pada ranah kognitif tetapi juga pada ranah psikomotorik dan afektif..