Pengaruh Latihan Speed, Agilty Dan Ball Felling Terhadap Kemampuan Dasar Teknik Dribbling Ssb Putra Kukar Karangtengah Kec.Kaliwungu Kab.Kendal

Authors

  • Muhammad Ichsanudin Nursy

Abstract

Dasar dari penelitian ini adalah masih banyaknya kekurangan di dalam pertandingan maupun saat latihan. Pemain terlalu mudah kehilangan bola saat menggiring bola karena kurangnya kecepatan dan kelincahan saat menggiring bola.  Peneliti sangat berminat untuk mempelajari keterampilan dasar dribbling  SSB Putra Kukar, tujuanya penelitian ini untuk mengetahui apakah latihan kecepatan, kelincahan dan perasaan saat menggiring bola dapat meningkatkan keterampilan motorik pemain dalam melakukan teknik dribbling atau tidak. Penelitian ini menggunakan pre-test and post-test group design. Sampel penelitian ini adalah 15 anak dari SSB Putra Kukar Karangtengah Kecamatan Kaliwungu. Kendal. Dalam pengambilan sampel menggunakan representatif.

Berdasarkan hasil penelitian ini memperoleh hasil kemampuan teknik dasar dribbling pada pemain SSB Putra Kukar dengan latihan Speed Agility dan Ball Feeling adalah 2,16. Nilai rata-rata sebelum tes adalah 19,37, kemudian setelah program latihan menjadi 17,21. ada selisih 2,16. Dari hasil perhitungan tersebut, latihan Speed, ​​Agility dan Ball Felling dapat meningkatkan teknik dasar menggiring bola anak-anak SSB Putra Kukar.Kecepatan, Kelincahan dan Perasaan Bola sangat berguna untuk meningkatkan keterampilan dribbling anak-anak SSB. Dari hasil temuan penelitian ini, latihan speed, agilty dan ball felling dapat meningkatkan kemampuan keterampilan dasar dribbling.

Downloads

Published

2023-12-24