PENGARUH LATIHAN DRILL TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND OVERHEAD CLEAR DAN BACKHAND OVERHEAD CLEAR ATLET BULUTANGKIS DI PB GARUDA JUNIOR SEMARANG

Authors

  • Adam Maulana

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi adanya ketepatan pukulan forehand overhead clear dan backhand overhead clear atlet bulutangkis di PB Garuda Junior Semarang berusia 12-15 tahun, dalam kategori cukup, serta kurangnya porsi latihan ketepatan pukulan yang diberikan pelatih. Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya dampak dari latihan drill atas ketepatan pukulan forehand overhead clear dan backhand overhead clear atlet bulutangkis di PB Garuda Junior Semarang.

Desain kelompok kontrol non-ekuivalen digunakan dengan pendekatan kuantitatif dalam desain eksperimen semu. Populasinya berjumlah 34 atlet, terdiri dari 27 atlet putra dan 7 atlet putri. Sampel penelitian berjumlah 14 atlet putra. Mereka dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang terdiri dari tujuh atlet dan kelompok kontrol yang terdiri dari tujuh atlet. Kelompok dipisahkan menggunakan pasangan ordinal. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel diambil. Mengumpulkan informasi melalui tes latihan untuk pukulan backhand dan forehand overhead yang jelas. Gunakan uji normalitas dan homogenitas untuk memvalidasi kebutuhan data. Gunakan uji-t sampel berpasangan untuk memverifikasi klaim. Strategi analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Temuannya mengungkapkan bahwa: (1) ketepatan pukulan forehand overhead pada pemain bulu tangkis PB Garuda Junior Semarang dipengaruhi oleh latihan drill. Pengaruh latihan drill terlihat pada nilai rata-rata pre-test sebesar 77 menjadi rata-rata post-test sebesar 85, dengan demikian didapatkan kenaikan 8% atau 8. (2) ketepatan pukulan backhand overhead clear pada pemain bulutangkis di PB Garuda Junior Semarang dipengaruhi oleh latihan drill. Pengaruhnya mengakibatkan perubahan nilai rata-rata mean pre-test sebesar 72,86 menjadi rata-rata mean post-test sebesar 80,29 yang diikuti dengan kenaikan mean 7,42 atau 7%. Maka dari itu, kesimpulannya yakni PB Garuda Junior Semarang mempunyai latihan dengan keunggulan pukulan forehand overhead clear dan backhand overhead clear.

Downloads

Published

2023-12-24