Hubungan Power Otot Tungkai Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Smash Kedeng Pada Club PSTI Kabupaten Demak

Authors

  • Fatatus Sya’diyah

Abstract

Atlet PSTI Kabupaten Demak kurang memperhatikan kekuatan dan keseimbangan kaki saat melakukan tendangan kedeng. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan smash kedeng berhubungan dengan kekuatan otot dan keseimbangan kaki. Tujuan yang digunakan penelitian dimana terdapat hubungann dimana kekuatan tungkai dengan keseimbangan terhadap kemampuan memukul rotan Kedeng PSTI Kabupaten Demak.

 

Penelitian kuantitatif dengan pendekatan inferensial sebagai jenis penelitiannya. Sampling jenuh sebagai teknik sampling. Observasional, dokumentasi, dan eksperimen digunakan untuk teknik mengumpulkan data. Instrumen tes pengukuran smash kedeng tes vertical jump yang dimodifikasi digunakan dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji korelasi produk waktu, beserta koefisien determinasi.

 

Kekuatan otot tungkai dengan golden kick dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,993 memiliki hubungan terlihat dari hasil yang di teliti terdapat signifikan. Smash kedeng balance dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,951 memiliki hubungan terlihat dari hasil yang di teliti terdapat signifikan. Kekuatan tungkai dan keseimbangan dengan pukulan kedeng dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,957 pada pemain sepak takraw PSTI Kabupaten Demak memiliki hubungan terlihat dari hasil yang di teliti terdapat signifikan.

 

Kesimpulan jika kekuatan otot tungkai dan keseimbangan berhubungan dengan smash kedeng atlet PSTI Kabupaten Demak. Sementara itu, analisis data lebih lanjut menunjukkan bahwa kekuatan otot tungkai lebih besar dikaitkan dengan tendangan atlet PSTI Kabupaten Demak. Diharapkan dengan hasil penelitian ini, para pelatih dapat membuka potensi atlet rotan PSTI Kabupaten Demak untuk lebih mensukseskan olahraga di PSTI Kabupaten Demak. Bagi para atlet, terus tingkatkan semangat sepak takraw dan latihan latihan untuk mendukung olahraga rotan guna meningkatkan kemampuan bermainnya.

Downloads

Published

2023-12-24