PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SENAM LANTAI SIKAP KAYANG PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BUMIJAWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya temuan masalah hasil belajar siswa secara keselurahan masih dibawah rata-rata kkm, materi senam lantai sikap kayang pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui pengaruh model pembelajaraan PBL dan TGFUterhadap hasil belajar kognitif siswa, yang akan dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 3 Bumijawa kelas VII semester dua tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah sampel 60 siswa.Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa dengan persentase sebesar 17,64%.Senam lantai sikap kayang untuk siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa memakai Model pembelajaran TGFU berpengaruh signifikan dengan presentase sebesar 11,81%. Berdasarkan besarnya persentase peningkatan rata-rata hasil belajar senam lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dan efektif daripada model pembelajaran TGFU