Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa

Authors

  • Pratama Pratama

Keywords:

inovasi, motivasi, kepribadian, pendidikan kewirausahaan, minat berwirausaha

Abstract

Menelisik apa yang memotivasi mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Indonesia Semarang untuk membuka usaha sendiri menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti bahwa beberapa mahasiswa Pendidikan Ekonomi menunjukkan antusiasme untuk memulai bisnis mereka sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif pada total populasi 259. Kuesioner dan bentuk survei lainnya digunakan untuk mengumpulkan data, dan pengujian instrumen dan data yang dikumpulkan untuk validitas dan reliabilitas dilakukan. Prosedur standar untuk menguji asumsi klasik ini meliputi normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan linieritas. Analisis regresi digunakan untuk menganalisis data. Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas PGRI Indonesia Semarang melaporkan pengaruh yang menguntungkan dan signifikan secara statistik dari faktor kreativitas, motivasi, kepribadian, dan pendidikan kewirausahaan terhadap antusiasme mereka untuk memulai usaha sendiri. Variabel inovasi menyumbang 6,02 persen, motivasi 7,59 persen, karakter 13,54 persen, dan pelatihan kewirausahaan 38,87 persen dari total. Terdapat hubungan yang signifikan antara minat mahasiswa dalam berwirausaha dan inovasi, motivasi, kepribadian, dan pendidikan kewirausahaan (66%), sedangkan sisanya sebesar 34% disebabkan oleh faktor-faktor di luar ruang lingkup penelitian ini.

Downloads

Published

2023-12-24