Analisis Minat Sport Tourism di Stadion Sepakbola Citarum Semarang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya minat masyarakat untuk melakukan kegiatan/event di Stadion Citarum Semarang. Jenis Penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil survei dan observasi serta pengisian kuesioner. Metode penelitian deskriptif tujuannya untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena atau hubungan antar fenomena yang diteliti. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”Bagaimana daya tarik sport tourism di Stadion Citarum Semarang terhadap minat tim fun football?” dengan tujuan penelitian ini diadakan adalah untuk menganalisis sport tourism di Stadion Sepakbola Citarum Semarang terhadap minat masyakat. Hasil penelitian ini, Stadion Citarum Semarang memiliki banyak fasilitas yang cukup memadahi bagi kebutuhan pengunjung. Stadion Citarum Semarang merupakan salah satu ruang terbuka di Kota Semarang sehingga lapangan sepak bola inilah yang sering digunakan sebagai tempat aktifitas berolahraga dan wadah berinteraksi masyarakat sekitar dengan ditunjukkan sebanyak 85 orang (78,7%) dari 108 responden yang telah mengisi kuesioner. Berdasarkan indikator lokasi dalam kategori sangat tinggi dengan hasil sebesar 4,29 kemudian indikator sarana prasana dengan hasil 4,10 termasuk kategori sangat tinggi, dari hasil tersebut Sports tourism dalam penelitian ini menunjukkan nilai 4,19 yang masuk kategori sangat tinggi sehingga menunjukkan kemampuan Stadion Citarum Semarang untuk menjadi obyek wisata sport tourism di Semarang. Indikator minat dengan nilai tertinggi adalah Stadion Citarum Semarang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagi daerah dan kalangan dengan nilai 4,06, sedangkan nilai terendah adalah Stadion Citarum memiliki tribun dengan daya tampung yang cukup banyak sehingga cocok untuk menggelar event sepak bola bertaraf nasional dengan nilai 3,79. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan kesimpulan daya tarik sport tourism di Stadion Citarum Semarang ini mampu membuat orang menjadi berminat dalam melakukan kunjungan ke Stadion Citarum Semarang. Stadion Citarum Semarang perlu untuk memanfaatkan media sosial dalam melakukan pemasaran kepada pengunjung terutama yang berasal dari luar kota dengan menampilkan daya tarik lokasi maupun kelengkapan sarana dan prasaran di Stadion Citarum Semarang.