UPAYA GURU PPKN MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAK URIKULER PALANG MERAH REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG
Abstract
Penelitian terdapat landasan melalui terdapat keterlibatan partisipasi siswa dengan rendahnya atau masih dalam kategori kurang aktif selama ekstrakurikuler palang merah remaja maupun murid yang masih mengharapkan guru sebagai sumber utama dalam penambahan terkait wawasan maupun pengetahuan bidang akademik. Tujuan dari penelitian yang dilaksankaan ini agar diketahuinya upaya sekaligus hambatan maupun solusi guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa dengan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di Madrasah Aliyah Negeri Batang. Metodenya menggunakan kualitatif berjenis deskriptif. Observasi, wawancara maupun dokumentasi merupakan teknik yang dipakai dalam pengumpulan data pada penelitian kali ini. Untuk analisis data memakai metode pengumpulan data, reduksi, penyajian hingga kesimpulan pada penelitian. Peneltian ini menghasilkan terkait upaya guru PPKn meningkatkan hal tersebut dengan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja menunjukan bahwa guru PPKn yang menjadikan contoh yang baik bagi siswa dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial. Hambatan dan solusi guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja tersebut terdiri dari emosi siswa belum stabil, kendala waktu pelaksanaan. Kesimpulan yaitu melakukan pelatihan kepada siswa dengan tujuan mendapatkan wawasan dan dibekali agar terbentuknya karakter peduli sosial.