IMPLEMENTASI PROGAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMP NEGERI 3 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya penelitian mengenai implementasi progam Kelas Khusus Olahraga (KKO) di Kota Semarang khusunya di SMP Negeri 3 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi progam Kelas KKO yang ada di SMP Negeri 3 Semarang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi progam Kelas Khusus Olahraga (KKO) tersebut. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Dengan menggunakan triangulasi data teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelian ini peneliti menggunakan data primer yaitu melalui data dari tangan pertama atau sumber utama, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data primer di dapatkan melalui kuisioner secara langsung maupun wawancara langsung kepada responden.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi progam Kelas KKO di SMP Negeri 3 Semarang sudah dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan berjalannya semua aspek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam progam Kelas Khusus Olahraga (KKO) tersebut. Saran dari peneliti untuk progam Kelas Khusus Olahraga (KKO) adalah perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana agar semua kegiatan Kelas KKO di SMP Negeri 3 Semarang berjalan lebih maksimal, perlu adanya pembenahan terhadap jadwal pelatihan Kelas KKO agar tidak memotong jadwal pembelajaran akademik di sekolah, perlu adanya modifikasi materi dan metode pembelajaran bagi Kelas KKO, agar siswa tidak mengantuk dan kecapekan dikelas.