HASIL BELAJAR KOGNITIF PJOK SAAT PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VIII SMP N 2 PRINGAPUS
Abstract
Studi ini bermaksud guna mengetahui seperti apa pemanfaatan model pembelajaran yang sebelumnya diamanfaatkan pada pembelajaran tatap muka, kemudian dimanfaatkan dalam pembelajaran daring. Latar belakang studi ini ialah guna mengungkap efek kognitif siswa kelas VIII SMP N 2 Pringapus yang belajar online dengan PJOK menggunakan Discovery learning melalui penyelidikan.Studi ini memanfaatkan metode survey dan bersifat deskriptif kuantitatif. Metode tidak langsung (data sekunder) dimanfaatkan guna menghimpun data studi. Seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pringapus yang berjumlah 181 siswa dijadikan sampel pada studi ini dengan metode total sampling.Temuan studi menunjukkan bahwa siswa kelas VIII yang mendapat nilai “sangat rendah” pada hasil belajar kognitif mendapat nilai 8% (14 siswa), “rendah” mendapat nilai 30% (54 siswa), “sedang” mendapat nilai 22% (39 siswa), “tinggi” mendapat nilai 28% (51 siswa), dan “sangat tinggi” mendapat nilai 12% (21 siswa). Nilai rata-rata 72, nilai median 70, modus 60, standar deviasi 12, nilai tertinggi 94, nilai terendah 40, dengan tingkat penyelesaian hanya 49,1% dan siswa yang tidak tuntas diwakili oleh 50,9%, menurut estimasi analisis data,Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran online PJOK pada hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 2 PRINGAPUS dapat ditentukan kurang efektif sesuai temuan studi dan pembahasan. Sesuai temuan, mayoritas siswa masih memiliki hasil belajar kognitif yang rendah.