TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN KESEHATAN MENTAL ANAK YANG MEROKOK DI DESA TANJUNGREJO

Authors

  • Syafarud Argisna

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya kebiasaan anak remaja yang merokok di desa tanjungrejo seringkali memiliki tingkat aktivitas fisik yang rendah dan juga mengalami masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan gangguan suasana hati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas fisik dan kesehatan mental anak merokok di desa tanjungrejo.

Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kuantitatif dan desain cross sectional. Populasi dan sampel pada penelitian ini ialah 30 orang remaja yang aktif merokok di desa tanjungrejo. Instrumen penelitian menggunakan penyebaran kuisoner terdiri 1) data karakteristik, 2) aktivitas fisik, 3) kesehatan mental, dan 4) FTND. Uji persyaratan data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan tingkat aktivitas fisik anak merokok berpengaruh signifikan terhadap anak remaja dan kesehatan mental anak merokok tidak berpengaruh. Dapat di simpulkan bahwa merokok pada anak remaja memiliki dampak postif dan negatif yang signifikan terhadap tingkat aktivitas fisik dan kesehatan mental. Penting untuk menyadari konsekuensi kesehatan yang terkait dengan kebiasaan merokok pada anak-anak dan mengambil langkah pencegahan yang tepat untuk mendorong pola hidup sehat yang melibatkan aktivitas fisik yang cukup dan perawatan kesehatan mental yang baik

Downloads

Published

2023-12-24