KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS MATERI SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KEDUNGWUNI

Authors

  • Maulana Fadjrul Falah Firmansyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya metode pembelajaran yang terprogram untuk kemampuan mempelajari materi sepak bola kelas X SMK Muhammadiyah Kedungwuni, materi sepak bola siswa X SMK Muhammadiyah Kedungwuni Karena skornya rendah, masih belum sesuai dengan ilmu yang dipilih. Penelitian ini berusaha untuk menentukan mana yang paling efektif di antara Teams Games Tournament dan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola. Penelitian ini merupakan model penelitian kuantitatif pre-test dan post-test. Pada Populasi penelitian ialah anak SMK Muhammadiyah Kedungwuni kelas X. Sampel penelitian ini adalah X TKRO 2 dan X TBSM 1 sehingga berjumlah 52 siswa. Cara mengambil sampel menggunakan random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian siswa. Hasil model data Teams Games Tournament dan Student Teams Achievement Division hasil latihan sepakbola berjalan normal secara nilai lebih besar dari 0,05. Ada 0,000 dari pengolahan data pada kelas eksperimen ini menunjukkan bahwa data tersebut normal karena kurang dari atau sama dengan 0,05, yaitu 0,000 > 0,05. Saat ini kelas kontrol distribusi data memiliki nilai 0,002 yang menunjukkan bahwa data itu normal karena lebih dari 0,05 atau 0,002 0,05.Kemudian diberikan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola kelas eksperimen dan kelas normal. Pada kesimpulan  penelitian ini yaitu model Student Teams Achievement Division lebih signifikan. Saran untuk penelitian ini dapat memberikan peningkatan kemampuan hasil belajar siswa tentang materi sepak bola menggunakan Teams Games Tournament dan Student Teams Achievement Division.

Downloads

Published

2023-12-24