Pemanfaatan Instagaram Sebagai Media Promosi Bisnis Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UPGRIS

Authors

  • Rizka Septiananda

Keywords:

Instagram, Pemasaran, Pemasaran Online

Abstract

Penelitian ini dilandasi dengan peluang pemanfaatan Instagram untuk djadikan sebagai media promosi pemasaran online oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi UPGRIS belum dilakukan secara optimal. Padahal pemanfaatan Instagram sebagai media promosi pemasaran online secara optimal akan sangat membantu peningkatan penjualan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengoptimalisasi pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran online oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi UPGRIS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur. Instrumen penelitian dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman wawancara. Pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Kondensasi data, Penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan Instagram yang mudah dan jangkaun luas terbukti dapat meningkatkan penjualan produk. Banyak fitur dari Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk, tetapi belum dimanfaatakn secara optimal. Padahal fitur-fitur yang ada  pada Instagram akan sangat membantu seseorang mengenali produk yang dijual. Anggapan perbedaan target pasar, besarnya penggunaan kuota internet pada Instagram dibandingkan dengan media sosial lainnya menyebabkan penggunaan Instagram sebagi media pemasaran online kurang diprioritaskan.  Saran pada penelitian ini yaitu penggunaan fitur-fitur yang ada pada Instagram harus dilakukan secara optimal agar penyebaran informasi produk dapat jangkauan yang luas dan cepat dikenal. Diperlukan kreatifitas untuk berjualan melalui media sosial agar tidak kalah saing dengan penjual online lainnya

Downloads

Published

2023-12-24