KESIAPAN MENTAL ATLET FUTSAL KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM MENGHADAPI EVENT PORPROV 2023

Authors

  • Alwi Lukman Hakim

Abstract

Penelitian ini adalah berdasarkan survey di Tim Futsal PORPROV Kabupaten Banjarnegara menyatakan baru pertama kali mengikuti event atau turnamen di ajang PORPROV Jawa Tengah. Akan tetapi mental dari seorang atlet yang akan mengikuti turnamen futsal PORPROV Jawa Tengah tahun 2023 belum diketahui, karena ini merupakan event yang pertama kalinya bagi para atlet futsal Kabupaten Banjarnegara, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mental dan kepercayaan diri pada atlet futsal Kabupaten Banjarnegara pada event atau turnamen di ajang PORPROV Jawa Tengah tahun 2023.

               Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan mental atlet futsal Kabupaten Banjarnegara dalam menghadapi event PORPROV tahun 2023 dalam kategori (sedang). Presentase paling tinggi yaitu pada kategori (sedang) sebanyak 10 atlet atau sebesar 62,5%, selanjutnya pada kategori (rendah) sebanyak 3 atlet atau sebesar 17,75%, dan pada kategori (tinggi) sebanyak 3 atlet atau sebesar 17,75%. Data tersebut sudah menunjukan hasil yang baik, artinya bahwa sudah ada kesiapan mental atlet futsal Banjarnegara dalam menghadapi event PORPROV 2023.

               Pada simpulan penelitian ini yaitu, Ada Kesiapan Mental Atlet Futsal Banjarnegara Dalam Menghadapi Event Porprov 2023. dengan adanya data pada kategori (sedang) sebanyak 10 atlet atau sebesar 62,5%, selanjutnya pada kategori (rendah) sebanyak 3 atlet atau sebesar 17,75%, dan pada kategori (tinggi) sebanyak 3 atlet atau sebesar 17,75%. Dapat di simpulkan bahwa tingkat kesiapan mental atlet futsal Kabupaten Banjarnegara dalam menghadapi event PORPROV tahun 2023 dalam kategori (sedang).

Downloads

Published

2023-12-24