PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN RONDO DAN PASSING DIAMOND SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 GODONG
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi adanya hasil kemampuan passing sepak bola siswa masih rendah, serta kurangnya motivasi siswa didalam mengikuti pembelajaran sepak bola. Penelitian bertujuan mengetahui adanya peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepakbola melalui permainan rondo dan permainan passing diamond. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan two groups pre-test post-test design. Populasinya 36 siswa, terdiri 8 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Sampel penelitian ialah siswa perempuan berjumlah 28 siswa dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok 1 diberi passing rondo dan kelompok 2 diberi passing diamond. Pembagian kelompok menggunakan cara ordinal pairing. Teknik pengambilan yakni sampling purposive. Teknik pengumpulan data, yaitu praktik passing inside of the foot. Uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis memakai uji paired sampel t-test. Teknik analisa data memakai statistik deskriptif. Hasil penelitian, diketahui: (1) terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepakbola lewat permainan rondo siswa di SMA Negeri 1 Godong, dengan perbedaan rata-rata pre-test 62,50 dan rata-rata post-test 82,14, jadi ada peningkatan rata-rata sebesar 19,643 atau 20%. (2) Terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepakbola lewat permainan passing diamond siswa kelas XI SMA Negeri 1 Godong dengan perbedaan rata-rata pre-test 67,86 dan rata-rata post-test 89,29, lalu didapatkan peningkatan rata-rata mean 21,429 atau 21%. Kesimpulannya adalah permainan rondo bisa meningkatkan kemampuan hasil belajar passing sepakbola siswa sebesar 20%, sedangkan permainan passing diamond dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing sepakbola siswa sebesar 21%.