PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENJAS MATERI ADVENTURE EDUCATION TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK SISWA SD NEGERI 1 PALEBON TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Pengembangan Desain Pembelajaran “Adventure Education” Pada Materi Pendidikan Luar Kelas PJOK untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik”.. Penelitian ini pada dasarnya metupakan penelitian yang berpacu pada pengembangan atau Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE,yang mempunyai 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Desain ini akan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya akan dilakukan pengembangan dan di uji keefektifan dan kelayakan produk kepada tenaga pendidik dan 28 siswa kelas V SD Negeri 1 Palebon Kota Semarang. Hasil dari analisis melalui deskriptif presentase yang mengacu angket ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 92,5% dan 94,85% di kategorikan sangat baik dipakai tanpa adanya revisi. Hasil analisis angket pada responden tenaga pendidik adalah 92% di kategorikan “Sangat layak”. Hasil analisis keefektifan siswa adalah 100% dengan kategori “Sangat positif”. Hasil analisis efisiensi produk dari hasil uji validasi ahli materi 92,5%, media 94,85% dan hasil angket siswa 91% dinyakatakn “Efisien”. Hasil performa produk dalam aspek tampilan dinyatakan “Sangat layak” dengan presentase 94,85% untuk aspek isi/materi sangat telah divalidasi ahli materi dengan kategori “Sangat layak” 92,5%. Sedangkan untuk analisis kepraktisan siswa adalah 91% dengan kategori “Sangat layak digunakan”. Pada penjelasan diatas penggunaan desain Pembelajaran Adventure Education Pada Materi Pendidikan Luar Kelas PJOK untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik layak digunakan oleh siswa karena mendapat presentase dari guru PJOK sebesar 92% dalam kategori “Sangat layak”.