Komunikasi Interpersonal Pelatih Di Club Bola Volly Taruna Merah Putih Semarang

Authors

  • Syahrul Gunawan

Abstract

Penelitian ini dilatorbelakangi Komunikasi antara pelatih dan atlet di nilai begitu penting guna meningkatkan prestasi atlet. Salah satu cara yang digunakan pelatih yakni melakukan komunikasi 2 arah dan membentuk hubungan yang baik yang disebut komunikasi interpersonal. Tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi interpersonal pelatih di Club Bola Volly Taruna Merah Putih Semarang.

Menggunakan penelitian deskriptif kualitatif didalam penelitian ini. Dengan memakai instrument observasi,survei,wawancara dan dokumentasi. Subyek di penelitian ini ialah pengurus di Club Bola Volly Taruna Merah Putih Semarang, yang meliputi ketua pelatih dan atlit. Teknik analisa data menggunakan teknik triangulasi data.. 

Hasil Penelitian menunjukan bahwa komunikasi  interpersonal ialah proses saling tukar informasi diantara 2 orang yang saling berinteraksi dan saling belajar yang ada manfaatnya.  Menurut pelatih juga harus bisa menolong dengan masalah yang dihadapi. Di sisi lain, bagi atlet, komunikasi pada pelatih begitu penting. Atlet membutuhkan keterbukaan dari pelatih untuk mengukur kemampuannya. Menciptakan kerja sama yang begitu erat diantara pelatih dan atlet sehingga bisa bekerja sama dengan baik guna mencapai hasil. Pendekatan pelatih terhadap aktifitas komunikasi dengan atlet juga membantu mereka berkomunikasi dan berlatih selama latihan. Bagi seorang pelatih, bagaimana melakukan kegiatan komunikasi sebenarnya tak sulit. Bisa mengunakan forum diskusi atau sharing diakhir latihan. Yang mana para pelatih memberi masukan pada para atletnya contohnya hasil latihan yang baru selesai, kekurangan yang harus diperbaiki agar tak terulang lagi, atau berdiskusi permasalahan di luar lapangan yang bisa mengganggu perform atlet dilapangan.  Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu komunikasi interpersonal bisa  membantu pelatih didalam melatih dan pembinaan mental atlit club Taruna Merah Putih Semarang.

Downloads

Published

2023-12-24