PENGARUH PENGELOLAAN DAN LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL
Abstract
Penelitian berikut dilatarbelakangi oleh menurunnya peminjaman buku dan kunjungan siswa di perpustakaan, hal tersebut didasari kurangnya dalam pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang kurang maksimal. Seperti pengelolaan yang masih dilakukan secara manual belum menggunakan cara digital, penataan koleksi pustaka yang kurang rapih, fasilitas sarana dan prasana yang ada di perpustakaan belum dikelola secara optimal, masih kurangnya sumber daya manusia/tenaga pengelola perpustakaan, belum optimalnya pelayanan perpustakaan, dan masih terbatasnya ruang baca di perpustakaan bagi siswa. Hal tersebut diduga menyebabkan kurangnya minat kunjung siswa di perpustakaan. Alasan untuk diadakannya studi ini antara yaitu: 1) Untuk menentukan efeknya pengelolaan terhadap jumlah peminat menjelajahi perpustakaan; 2) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap jumlah peminat menjelajahi perpustakaan; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan dan pelayanan terhadap jumlah peminat menjelajahi perpustakaan. Hasil dilakukannya studi menjelaskan hal: 1) Hasil uji regresi berganda menjelaskan bahwa manajemen berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan, dengan nilai thitung masing-masing sebesar 2,507 dan 1,968, dan pelayanan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan, dengan thitung nilai ttabel masing-masing 15,262 dan nilai ttabel 1,968, dan melalui uji simultan (Uji-F), manajemen dan minat siswa secara signifikan didorong oleh layanan berkunjung ke perpustakaan. Nilai Fhitung 245,501, nilai Ftabel 3,02, selanjutnya, tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.ditentukan dengan uji simultan.