Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Kota Semarang
Abstract
Kemendikbud RI telah mengambil kebijakan baru yang telah dituangkan melalui Permendikbud No. 22 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 terkait dengan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan data tentang Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Kota Semarang. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 29 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data lewat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Akibat penelitian ini menyatakan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Kota Semarang sudah berjalan baik. Profil Pelajar Pancasila telah dibentuk melalui intra-kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler. Dalam intra-kurikuler dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar (KBM) baik di dalam kelas maupun luar kelas yang dicantumkan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila. Dalam ko-kurikuler dapat dilakukan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam ekstra-kurikuler, pembentukan Profil Pelajar Pancasila tidak bersifat khusus dan hanya diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dalam pelaksanaannya telah mengimplementasikan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Hambatan yang didapatkan dari pembentukan Profil Pelajar Pancasila adalah kurangnya perhatian siswa, kurangnya komunikasi serta kolaborasi. Solusi yang dapat diambil dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, serta melibatkan semua pihak yang terkait.