PENGARUH PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS ADVENTURE EDUCATION TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK DAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Tiara Yuliana

Abstract

Dasar penelitian ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 yang menetapkan bahwa pendidikan diartikan sebagai sarana terstruktur untuk memperbaiki situasi belajar dan metode pembelajaran agar peserta didik dapat aktif dalam mengkomunikasikan informasi, percaya, memperoleh keahlian dalam bidangnya, dan memiliki kekuatan rohani. berdasarkan agama. di atas Yang Mahakuasa, mengendalikan Tuhan. sendiri, terima. Jadilah pribadi yang mandiri, kompeten dan santun. Moralitas dan keterampilan ada di sana. diri, negara dan lingkungan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian untuk mengembangkan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan cluster random sampling. Variabel bebas (X1) dalam penelitian ini adalah pendidikan petualangan sedangkan variabel terikatnya adalah kecerdasan motorik (Y1) dan kecerdasan interpersonal (Y2). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan eksperimentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian terkait pengaruh pembelajaran penjasorkes berbasis pendidikan petualangan terhadap kecerdasan motorik dan komunikasi siswa kelas V SD Negeri Petompon 02 Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan model pembelajaran Adventurous terbukti berpengaruh terhadap hubungan interpersonal. dan pembelajaran kecerdasan motorik siswa kelas V PJOK SD Negeri Petompon 02 Semarang. 

Downloads

Published

2023-12-24