Implementasi Pembelajaran PJOK dengan Kurikulum Merdeka pada Kelas VII di SMP Negeri 3 Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Muhammad Iqbal Faruq

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara serentak yang diberlakukan di seluruh Indonesia mulai tahun 2022. Selain itu sebagai upaya pemerintah dalam memulihkan pendidikan di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PJOK dengan Kurikulum Merdeka pada kelas VII di SMP Negeri 3 Pamotan sebagai sekolah projek dari sekolah penggerak di kabupaten Rembang. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sumber data melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK yang dilaksanakan oleh guru PJOK sudah sesuai dengan instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran di kurikulum merdeka. Selain itu  perangkat mengajar berupa modul ajar yang dibuat juga sangat mendukung terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut. Guru juga selalu melibatkan peserta didik dalam belajar dengan memberikan kesempatan untuk melakukannya secara sendiri maupun berkelompok sesuai dengan kompetensi pada materi yang diberikan. Adapun hasil yang diperoleh dalam pengamatan pembelajaran PJOK dengan kurikulum merdeka ini menunjukkan 96.25% dalam kategori amat baik. Ini berarti bahwa penerapan pembelajaran PJOK ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Jadi penerapan pembelajaran PJOK dengan Kurikulum Merdeka ini dapat digunakan oleh para pendidik dengan memperhatikan instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajarannya. Disamping itu modul ajar yang dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan  kompetensi yang diberikan. 

Downloads

Published

2023-12-24