HUBUNGAN ANTARA TINGKAT AKTIVITAS FISIK, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SE-KECAMATAN NGAWEN
Abstract
Hubungan antara siswa SMP di Kecamatan Ngawen dengan tingkat aktivitas fisik, status gizi, dan prestasi akademik. Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan tingkat aktivitas fisik, status gizi, dan prestasi akademik siswa SMP di Kecamatan Ngawen. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan statistik deskriptif untuk analisis data. Siswa dari SMP di seluruh Kecamatan Ngawen merupakan populasi penelitian ini. Sampel terdiri dari 88 siswa SMP se-Kecamatan Ngawen. Dengan nilai korelasi personal antara aktivitas fisik dan prestasi belajar siswa SMP Ngawen sebesar 0,042 dan 0,1793, maka tidak terdapat hubungan dengan kedua variabel tersebut. Nilai signifikan (p) sebesar 0,651 > 0,05 semakin mendukung hal tersebut. Hubungan aktivitas fisik dengan prestasi belajar anak SMP se-Kecamatan Ngawen memiliki nilai korelasi personal sebesar -0,346 > -0,1793 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi akademik. Hasil signifikan (p) sebesar 0,000 0,05 semakin mendukung hal tersebut. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif antara prestasi belajar siswa SMP dan status gizi di Kecamatan Ngawen. Dengan melihat koefisien asosiasi sebesar -0,346 yang rendah dan negatif, maka dapat dikatakan semakin baik status gizi maka prestasi akademik menurun. Nilai F determinan 8,243 > F tabel 3,07, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang digunakan untuk menentukan hasil tes. Dan 0,124 merupakan hasil R hitung = 0,351 > R2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara aktivitas fisik, status gizi dan prestasi akademik siswa SMP se Kecamatan Ngawen. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperluas populasi tidak hanya terbatas di SMP se Kecamatan Ngawen dan mengkaji lebih teliti tidak hanya variabel tingkat aktivitas fisik, status gizi, dan prestasi belajar, tetapi juga perlunya penambahan variabel lain.