PENERAPAN NILAI NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Kharisma Diah Safiroti

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini kurangnya pemahaman nilai-nilai Pancasila, adanya perilaku siswa yang melanggar tata tertib sekolah, faktor pendorong dan penghambat penerapan nilai-nilai Pancasila, dan diperlukannya strategi sekolah dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Siswa SMP Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal merumuskan masalah bagaimana menerapkan gagasan Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa SMP Negeri 1 Rowosari Kabupaten Krndal menggunakan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. SMP N 1 Rowosari Kabupaten Kendal dijadikan lokasi penelitian. Informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi mendalam. Keandalan temuan ditingkatkan dengan triangulasi beberapa metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berbasis data. Studi ini menunjukkan bahwa SMP N 1 Rowosari di Kabupaten Kendal sebagian besar telah berhasil menerapkan nilai-nilai Pancasila. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa sehari-hari di sekolah yang meliputi perilaku beragama yang taat, persahabatan yang penuh kasih sayang, penerimaan terhadap keragaman agama, ras, dan intelektual, demokrasi, dan keadilan dalam segala hal yang dilakukan. Dengan bertindak sesuai dengan cita-cita Pancasila di kelas, guru PKn berfungsi sebagai panutan bagi siswa. Misalnya menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum proses pembelajaran, membuang sampah pada tempatnya hal sekecil itu pun akan dicontoh oleh siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai Pancasila  mulai dari  nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan yang dilakukan siswa di SMP N 1 Rowosari sudah dilakukan dengan baik. Saran dalam penelitian ini guru Guru PPKn hendaknya selalu memberikan contoh-contoh perilaku yang berkarakter, mampu memberikan motivasi dan inovasi-inovasi serta menjadi  figur yang baik bagi siswa. Untuk siswa diharapkan dapat memahami dan melaksanakan penerapan nilai-nilai Pancasila yang diajarkan secara konsisten.

Downloads

Published

2023-12-24