EFEKTIVITAS JUMP FLOATING SERVICE DAN FLOATING SERVICE TERHADAP HASIL PENERIMAAN BOLA PERTAMA PADA PESERTA KLUB BOLA VOLI JVC PURWODADI GROBOGAN

Authors

  • Komarsel Komarsel

Keywords:

Bolavoli, Jump Floating Service, Floating Service

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini pemain bola voli putra pada Klub Bola Voli JVC Purwodadi Grobogan tahun 2022. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling yaitu pemain bola voli putra pada Klub Bola Voli JVC Purwodadi Grobogan. Instrumen yang digunakan berupa indikator efektivitas service untuk jump floating service dan floating service. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menjadi data kuantitatif yaitu persentase.Hasil penelitian pada atlet putra Klub Bola Voli JVC Purwodadi Grobogan adalah 1) jump floating service efektif hasil penerimaan bola pertama sebesar 106,07; 2) floating service efektif terhadap penerimaan bola pertama sebesar 62,93; 3) jump floating lebih efektif daripada floating service yaitu 106,7 terhadap 62,93. 

Kesimpulannya adalah hasil jump floating service lebih efektif dibandingkan floating service pada atlet putra Klub Bola Voli JVC Purwodadi Grobogan. Saran : 1) Bagi pelatih bola voli lebih banyak melatih teknik jump floating service untuk atlet putra memiliki power yang besar; dan (2) Bagi atlet putra bola voli agar menambah latihan-latihan lain yang mendukung dalam mengembangkan teknik service.

Downloads

Published

2023-12-24