PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES DAN WALL PASS TERHADAP KETEPATAN PASSING DI MERDEN FOOTBALL ACADEMY U-18 KABUPATEN BANJARNEGARA

Authors

  • Dymas Setya Pamungkas
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Small sided games, Wall pass, Passing.

Abstract

“Pengaruh latihan small sided games dan wall pass terhadap ketepatan passing di Merden football academy usia 18 tahun Banjarnegara.” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2022.

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi di Klub SSB Merden Football Academy Banjarnegara Menyatakan kemampuan passing masih banyak yang melakukan passing yang belum terarah atau tidak tepat sasaran, Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan Small sided games dan wall pass terhadap ketepatan passing pada pemain 18 tahun di Merden Football Academy Banjarnegara. 

Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian pre experimental design dalam bentuk one group pre-test and post-test. Sampel diambil dengan purposive sampling. Populasi pemain SSB Merden football academy usia 18 tahun dan sampel berjumlah 18 pemain dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengambil data yaitu tes mengoper bola rendah. Irianto dalam Kusuma (2015).

Berdasarkan pada hasil yang diperoleh pretest 26,67  dan postest 46,67 ada selisih peningkatan 20% maka dari itu terdapat presentase peningkatan hasil ketepatan passing sebelum dan sesudah diberikan latihan small sided games dan wall pass sebesar 28%. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan sebagai berikut: Ada pengaruh peningkatan antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan melalui latihan small sided games dan wall pass terhadap ketepatan passing pada pemain Merden football academy U-18 Banjarnegara.

Pada simpulan penelitian ini yaitu, ada pengaruh latihan small sided games dan wall pass terhadap ketepatan passing pada pemain Merden football academy  Banjarnegara U 18. Maka penulis akan memberikan saran, dapat menjadikan latihan ini sebagai variasi latihan untuk meningkatkan ketepatan passing  pada  pemain Merden football academy Banjarnegara.

Downloads

Published

2024-01-12