Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Blended Dan Flipped Classroom Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas X Sma N 1 Sulang
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan hidup manusia karena berperan dalam mencerdaskan bangsa, Salah satu model pembelajaran yang ditawarkan akibat kemajuan teknologi ini adalah e-learning. metode pembelajaran flipped classroom adalah metode yang membalik kegiatan siswa dimana kegiatan yang awalnya dilakukan di sekolah kini harus dilakukan di rumah masing-masing. Passing terdiri atas passing bawah dan passing atas. Teknik passing bawah menjadi salah satu kunci agar bisa mempermainkan bola voli dengan baik. Tujuan Penelitian : Perbedaan pengaruh metode pembelajaran blended dan flipped classroom terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli kelas X SMA N 1 Sulang. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain pretest-postest two group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sulang. Sebanyak 350 siswa. Hasil penelitian : Terdapat peningkatan setelah diberikan treatment pembelajaran blended diperoleh hasil pretest nilai mean sebesar 69,3, postest mean sebesar 84,2, dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 17,6%. pembelajaran flipped classroom diperoleh hasil pretest nilai mean sebesar 64.6, postest mean sebesar 79,94, dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 15,34%. Ada terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan metode pembelajaran blended dan flipped classroom.