Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Blended Dan Flipped Classroom Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas X Sma N 1 Sulang

Authors

  • Nanda Galih Dwi Ardhika

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan hidup manusia karena berperan dalam mencerdaskan bangsa, Salah satu model pembelajaran yang ditawarkan akibat kemajuan teknologi ini adalah e-learning. metode pembelajaran flipped classroom adalah metode yang membalik kegiatan siswa dimana kegiatan yang awalnya dilakukan di sekolah kini harus dilakukan di rumah masing-masing. Passing terdiri atas passing bawah dan passing atas. Teknik passing bawah menjadi salah satu kunci agar bisa mempermainkan bola voli dengan baik.  Tujuan Penelitian : Perbedaan pengaruh metode pembelajaran blended dan flipped classroom terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli kelas X SMA N 1 Sulang. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Quasi Experimental  dengan desain  pretest-postest two group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sulang. Sebanyak 350 siswa.  Hasil penelitian : Terdapat peningkatan setelah diberikan treatment pembelajaran blended diperoleh hasil pretest nilai mean sebesar 69,3, postest mean sebesar 84,2, dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 17,6%. pembelajaran flipped classroom diperoleh hasil pretest nilai mean sebesar 64.6,  postest mean sebesar 79,94, dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 15,34%. Ada terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan metode pembelajaran blended dan flipped classroom.

Downloads

Published

2023-12-24