Pengaruh Model Pembelajaran Stad Dengan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket Sma Negeri 1 Pegandon

Authors

  • Aditya Permana Putra

Abstract

Teknik dribbling bola basket siswa yang masih kurang dasar sehingga perlu dilakukan penelitian ini. 2) Pada saat instruktur penjasorkes menerapkan pendekatan pembelajaran pengungkapan, kurang adanya kerjasama antar siswa. 3) Paradigma pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode Jigsaw dapat memaksimalkan hasil belajar siswa. 4) Menurut hasil observasi yang dilakukan di sekolah, materi dribble bola basket masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tim siswa distribusi prestasi dan jigsaw terhadap hasil belajar dribbling bola basket siswa SMA Negeri 1 Pegandon. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang disebut quasi eksperimen design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari perbedaan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon dribble bola basket (sig. (2-tailed)). 0,661>0,005, hasil belajar afektif 0,414>0,05, dan hasil belajar psikomotorik 0,09>0,05).

Downloads

Published

2023-12-24