PDF PENGARUH LATIHAN KELENTURAN TUBUH DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP PENINGKATAN (THROW IN) LEMPARAN KEDALAM PADA SEPAK BOLA PUTRA FREEDOM FC

Authors

  • Rama Eswa Putra Prakasa

Abstract

Yang melatarbelakangi hasil pengamatan saya di lapangan sepak bola Alun-Alun Wonosobo klub Freedom FC, bahwa pemain masih kurangnya kemampuan lemparan kedalam (throw in) dari klub sepak bola putra Freedom FC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan lemparan kedalam pada sepak bola putra Freedom FC.

Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dengan total sampling. Populasi dan sampel pemain Freedom FC adalah 12 pemainnya dengan menggunakan teknik order pairing. Dalam penelitian ini alat penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes lempar.

Berdasarkan yang diperoleh dengan adanya peningkatan latihan kelenturan tubuh sebesar 4%. Dan adanya peningkatan latihan kekuatan otot lengan sebesar 6%. Dari peningkatan tersebut, latihan kekuatan otot lengan lebih berpengaruh dalam peningkatan throw in pada sepak bola putra Freedom FC.

Pada simpulan penelitian ini yaitu, Ada pengaruh peningkatan throw in pada sepak bola putra club Freedom FC dengan menggunakan latihan kelenturan tubuh dan kekuatan otot lengan. Maka penulis akan memberikan saran, dapat dijadikan latihan ini sebagai variasi latihan untuk meningkatkan lemparan kedalam pada sepak bola putra Freedom FC.

Downloads

Published

2023-12-24