PENGARUH LATIHAN DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN NETTING FOREHAND PADA ATLET PB. HW BADMINTON KUDUS

Authors

  • Zukha Mukharomah

Keywords:

Bulutangkis, Drilling, Netting, dan Forehand

Abstract

Zukha Mukharomah. 18230206 “Pengaruh Latihan Drilling Terhadap Kemampuan Pukulan Netting Forehand PadaAtlet PB. HW Kudus” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2023.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pukulan netting forehand pada atlet badminton PB. HW Kudus serta karap kali dilakukan kesalahan pada saat melakukan gerakan yang harusnya bola dapat dengan mudah dijangkau dan dikembalikan oleh lawan namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Itu sebabnya peneliti tertarik meneliti masalah ini.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan latihan Drilling dapat meningkatkan kemampuan pukulan netting forehand atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain pre-test and post-test group. Sampel pada penelitian ini ialah 15 atlet di PB. HW Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan instrument pretest dan posttest pada saat pengambilan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pukulan netting forehand pada atlet PB. HW Kudus dengan latihan Drilling sebesar 5.74 Simpulan pada penelitian ini ialah metode latihan Drilling bisa meningkatkan kemampuann pukulan netting forehand terhadap atlet badminton.

Downloads

Published

2023-12-24