PENGARUH LATIHAN HEXSAGONAL OBSTEKEL DAN T – SPRINT TERHADAP KELINCAHAN SEPAK BOLA SSB PUTRA WILIS U –12 SAMPAI U-14

Authors

  • Muhammad Ilham Ramadana

Keywords:

Hexsagonal Obstekel, T-sprint, Kelincahan, Sepakbola

Abstract

Muhammad Ilham Ramadana “Pengaruh latihan Hexsagonal Obstekel dan T–sprint terhadap kelincahan SSB Putra Wilis U –12 Sampai U-14” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi , Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kelincahan yang dihasilkan para pemain SSB Putra Wilis U-12 sampai U-14, dibuktikan 80% saat tes kelincahan atlet tidak bisa melakukan dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh latihan Hexsagonal Obstekel dan T–sprint terhadap kelincahan SSB Putra Wilis U –12 Sampai U-14.  

 Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan design Two Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pemain SSB Putra Wilis yang berjumlah 10 pemain. Uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. 

Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survey tes dan pengukuran. Teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis korelasi product moment. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 12 atlet putra sepak boal di lapangan sepakbola Putra Wilis dengan teknik purposive sampling

 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pretest dan posttest kelompok hexsagonal memiliki sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan peningkatan sebesar 14,25% dan pretest dan posttest kelompok Tsprint memiliki sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 dengan peningkatan sebesar 6,12%. Dari perhitungan tersebut bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode latihan hexsagonal obstekel dan T-sprint terhadap peningkatan kelincahan SSB Putra Wilis. Sedangkan perbandingan antara hexsagonal obstekel lebih baik dibanding metode latihan T-sprint terhadap peningkatan kelincahan.

Downloads

Published

2024-01-12