PENGARUH METODE WEIGHT TRAINING DI SENAM TABATA TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA MASYARAKAT DESA PADANG KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Adelia Astari

Keywords:

Weight Training, Senam Tabata, Penurunan Berat Badan

Abstract

Penelitian ini One Group Pretest–Posttest Design dan sampel menggunak total sampling dengan seluruh populasi sebanyak 10 orang. Perlakuan yang diberikan yaitu senam Tabata, menggunakan metode Weight Training.

Hasil penelitian. Uji T (α) = 0,05, sampel 10 orang diperoleh Ttabel = 1,833. Sesuai hasil analisis, nilai t hitung pretest dan posttest adalah sebesar 12,750 dengan sig.(2-tailed) 0,000. Hasil dari mean pretest dan posttest kelompok metode weight training terdapat perbedaan sebesar 3,400 dari hasil pretest dan posttest. Dengan hasil terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penurunan berat badan pada masyarakat Desa Padang Kabupaten Grobogan melalui metode weight training.

Kesimpulannya adalah metode weight training memiliki pengaruh terhadap turunnya berat badan pada masyarakat Desa Padang Kabupaten Grobogan. Saran untuk penelitian selanjutnya, mengenai variabel penelitian dapat ditambahkan untuk lebih mengembangkan dan menyempurnakan program pelatihan.

Downloads

Published

2023-12-24