Pengaruh Latihan Hurdle Hops dan Knee-tuck Jump terhadap Hasil Loncatan Atlet Bola Voli SMPN 1 Larangan Kabupaten Brebes

Authors

  • Muhamad Syaepudin

Abstract

Keahlian loncatan bola voli pada anak didik SMPN 1 Larangan yang didapat melalui observasi yang dilakukan peneliti serta hasil tanya jawab yang dilakukan dengan guru penjasorkes di SMPN 1 Larangan Kabupaten Brebes, besar locatan pada umumnya masuk pada jenis kurang serta kurang sekali, perihal itu nampak pada dikala anak didik tidak bisa melaksanakan jump loncatan dengan maksimal akibatnya bola hasil pukulan loncatan yg dicoba kerap menyangkut di net. meluruskan power otot kaki ialah salah satu aspek situasi raga yang mendukung dalam melaksanakan loncatan yang bagus dalam game bola voli, sehingga penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian berjudul pengaruh latihan Hurdle Hops dan knee- tuck jump terhadap hasil loncatan atlet bola voli SMPN 1 Larangan Kabupaten Brebes.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua latihan yang diberikan mempengaruhi keterampilan melakukan perubahan baik kemampuan loncatan atlet bola voli SMPN 1 Larangan Kabupaten Brebes. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa latihan Hurdle Hops dan Knee-tuck Jump memiliki pengaruh ditunjukan dengan hasil perubahan rata-rata hasil loncatan atlet, kemampuan loncatan atlet bola voli SMPN 1 Larangan Kabupaten Brebes pada hasil pretest memiliki rerata tinggi loncatan yaitu 256,43cm. Setelah diberi perlakuan dengan metode yang digunakan untuk latihan Hurdle Hops, kemampuan loncatan yang dilakukan oleh atlet bola voli pada hasil posttest memiliki rerata 259,71cm. Kemampuan loncatan atlet bola voli SMPN 1 Larangan Kabupaten Brebes pada hasil pretest memiliki rerata tinggi loncatan yaitu 258,57cm. Setelah diberi perlakuan dengan metode yang digunakan untuk latihan Knee-tuck Jump, kemampuan loncatan atlet bola voli pada hasil posttest memiliki rerata 262cm.

Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang program latihan terkhusus mengenai materi peningkatan kondisi fisik dan mobilitas pemain bola voli. Perlu dilakukan penelitian serupa dengan menambahkan variabel penelitian yang berhubungan dengan kesehatan. Topik penelitian tidak terbatas pada satu latihan saja. Manajemen nutrisi, kesehatan dan aktivitas fisik di luar waktu pelatihan Hurdle Hops dan Knee-tuck Jump.

Published

2023-12-24