PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KETRAMPILAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANCAK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa bola voli tentang materi transfer. Tujuandalah untuk mengetahui model pembelajaran Discovery Learning, PBL, dan PjBL dalam meningkatkan keterampilan passing bola voli siswa kelas VII SMP N 1 Bancak.Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah rancangan eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning, PBL, PjBL. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, VII D SMP Negeri 1 Bancak dengan cara random/probability sampling. Uji validasi ahli digunakan untuk menguji perangkat. Teknik Analisis Data Uji Homogenitas, Uji Normalitas dan Uji Hipotesiis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan discovery learning, PBL dan PjBL efektif pada keterampilan passing tangan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak. Hal ini berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan diperoleh nilai signifikansi 0,00 <; 0,05, rata-rata posttest pembelajaran discovery 56,77 dan rata-rata posttest pembelajaran discovery 81,94, rata-rata pretest PBL 58,75 dan rata-rata posttest pembelajaran berbasis masalah 79,06, rata-rata tes pembelajaran praproyek 61,33 dan rata-rata posttest-test pembelajaran berbasis proyek adalah 80,17.Disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning, PBL dan PjBL efektif terhadap keterampilan bermain bola voli underhand pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bancak. Sarannya agar model pembelajaran discovery learning, PBL dan PjBL siswa dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran