PERAN PJOK DALAM IMPLEMENTASI AKTIVITAS FISIK SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 KESESI

Authors

  • Anugrah abdul manan

Abstract

Penelitian Peran PJOK dalam Implementasi Aktivitas Fisik Sehari-hari pada Siswa Kelas 11 IPA SMAN 1 Kesesi dilatar belakangi oleh minimnya tingkat minat aktivitas fisik siswa SMA se derajat diluar sekolah, hal ini terlihat dari minat siswa terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Banyak dari siswa yang pasif ketimbang siswa yang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah ada peran dari pembelajaran PJOK terhadap minat aktivitas fisik keseharian siswa diluar sekolah pada kelas 11 IPA SMAN 1 Kesesi.  Jenis penelitian ini yaitupenelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan desain penelitian survei angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kesesi. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan jumlah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kesesi yang berjumlah 106 siswa terdiri dari kelas 11 IPA 1 sampai 11 IPA 3. Sampel uji coba (tryout) berjumlah 36 siswa kelas 11 IPA SMAN 1 Kedungwuni. untuk pengumpulan data yang digunakan adalah  skala PJOK, Aktivitas Fisik.

Hasil untuk uji korelasi person product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,626. Sedangkan untuk nilai r tabel pada jumlah sampel 102 dengan taraf signifikan 5% karena itu r hitung 0,626 > r tabel 0,198 apabila dicocokan dengan tabel interpretasi koefisien menunjukan bahwa antara variabel peran PJOK dengan variabel Aktivitas Fisik memiliki tingkat hubungan yang cukup. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan peran PJOK dengan Aktivitas Fisik sehari-hari pada siswa kelas 11 IPA SMAN 1 Kesesi.

Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa agar lebih meningkatkan minat dalam pembelajaran PJOK sehingga bisa memperoleh ilmu tentang ilmu olahraga yang baik dan benar, dan mampu menerapkan ilmu keolahragaan diluar sekolah, seperti halnya aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Downloads

Published

2024-01-12