SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN JEPARA

Authors

  • Muhammad Prasetya Budi Fitrianto

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sarana juga prasarana SDN di Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara guna menunjang kegiatan siswa dalam mengikuti pendidikan jasmani secara efektif dan efisien. Tujuan melalui penelitian ini ialah untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani tahun pelajaran 2022/2023 di sekolah dasar negeri di Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara.

Penelitian ini ialah jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat survei. Populasi penelitian ini adalah semua SDN pada Kecamatan Jepara Kabuaten Jepara tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 sekolah. Sampel survei terdiri dari 24 sekolah beserta mempergunakan total sampling, melalui seluruh kelompok populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen jenis angket sarana dan prasarana pendidikan jasmani. teknik analisis data mempergunakan deskriptif presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya ketersediaan sarana juga prasarana pendidikan jasmani pada SDN tahun pelajaran 2022/2023 di Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara tergolong sedang. Sarana dan prasarana sekolah dasar negeri terbatas karena kemampuan sekolah pada penyediaan sarana juga prasarana pendidikan jasmani masihlah memiliki batasan.

Downloads

Published

2024-01-12