PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL KETERAMPILAN PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI PASSING BAWAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODONG TAHUN 2023

Authors

  • Arief Dwi Winarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Godong tahun 2023 melalui penggunaan metode Team Games Tournament. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre eksperimen one group pre tes-post test. Sampel terdiri dari 36 siswa yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap peningkatan keterampilan passing bawah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Godong. Terdapat peningkatan nilai dari pretest (87,69) menjadi posttest (91,86), dengan peningkatan sebesar 4,75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan passing bawah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Godong.

Downloads

Published

2023-12-24