EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “GO-PONG” UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN TENIS MEJA DI SMPN 1 JUWANA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Jumlah siswa kelas VIII SMPN 1 Juwana sebanyak 289 siswa yang diambil sampelnya dengan teknik intensional sampling. Sampel 58 siswa. Alat tes menggunakan angket kognitif. Hasil uji normalitas pretest kelas kontrol 0,144 dan kelas eksperimen 0,150 berdistribusi normal dengan nilai t tabel 0,162 sedangkan normalitas posttest kelas kontrol 0,150 dan kelas nyata 0,162. Solusinya adalah 0,156 berdistribusi normal dengan nilai t-tabel 0,162. Selanjutnya uji homogenitas kedua kelompok memiliki varians (homogenitas) yang sama. Kesimpulannya, rata-rata hasil pretest posttest mengalami peningkatan, dan penggunaan alat peraga go-pong untuk meningkatkan aspek kognitif siswa tenis meja di SMPN 1 Juwana efektif signifikan. Rekomendasi untuk guru dan sekolah dapat menjadikan aplikasi ini sebagai cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran ping-pong dan bagi siswa untuk meningkatkan nilai yang dirasakan dari peralatan ping-pong.