Pengaruh Metode Latihan Dribbling Zig-Zag Untuk Meningkatkan Kecepatan Driblling Bola pada Siswa Ssb U-13 Persatuan Sepak Bola Terban Kudus

Authors

  • Muhammad Rizqi Yudhi Setiawan

Keywords:

Sepakbola, Dribbling, Zig Zag dan SSB

Abstract

Muhammad Rizqi Yudhi Setiawan. “Pengaruh Metode Latihan Dribbling Zig Zag Untuk Meningkatkan Kecepatan Dribbling Bola Pada SSB U-13 Perstuan Sepak Bola Terban Kudus” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2023.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh para siswa masih lambat berlari & kurang lincah saat bermain sepakbola dan menggiring bola, saat dribbling sering direbut lawan dan sering terselip disela-sela kaki, bola dribbling juga jauh dari jangkauan dan juga sering terjatuh saat lari. Itu disebabkan kurangnya tingkat keterampilan dribbling pemain. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang kecepatan dribbling, Tujuan penelitian ini guna mengetahui apakah dengan metode latihan Dribbling Zig Zag dapat meningkatkan kecepatan dribbling atau tidak. 

Penelitian ini memakai desain pre-test and post-test group. Sampel di penelitian ini ialah 14 anak SSB U-13 di SSB Persiter Terban Kudus. Teknik pengambilan sampel dipenelitian ini memakai purposive sampling. Pengambilan data dipenelitian ini memakai instrument pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan didalam penelitian ini memperoleh peningkatan kecepatan dribbling pada siswa SSB PSP Persiter Terban U-13 dengan latihan Dribbling Zig Zag sebesar 1.72.

Dengan hasil perhitungan tersebut dapat di simpulan bahwa latihan dengan metode dribbling zig zag dapat meningkatkan kecepatan dribbling terhadap siswa SSB.

Downloads

Published

2023-12-24