PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JUWANA

Authors

  • Melynia Evianti Sukmaningaji

Abstract

Latarbelakang kurang nya siswa menguasai shooting pada bola basket sehingga hasil shooting kurang maksimal dikelas VII SMPN 2 Juwana.Tujuan penelitian guna mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran teaching game for understanding (tgfu) dan role playin pada shooting bola basket kelas VII SMPN 2 Juwana. Desain penelitian memakai pendekatan kuantitatif metode eksperimen ( quasi eksperimen). Populasinya merupakan kelas VII SMP N 2 Juwana, sampelnya siswa kelas VII D dan VII I dengan sampel 64 siswa, dengan melakukan penelitian berupa pengamatan secara langsung. Menggunakan teknik analisa data pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan hasil belajar shooting bola basket memakai Teaching Games for Understanding (TGFU) meningkat senilai 55% dan hasil belajar shooting bola basket memakai Role Playing meningkat sebesar 38%. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbandingan, terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) dan Role Playing terhadap hasil belajar shooting basket siswa kelas VII pada SMPN 2 Juwana. Berdasarkan hasil rata-rata N-Gain pada kelompok TGFU senilai 62.2% dikategori cukup efektif dengan skor minimal 41.86% dan maksimal 85.71%. sementara rata-rata N-Gain pada kelompok Role Playing senilai 55.4% dikategori kurang efektif dengan skor minimal 31.37% dan maksimal 89.58%. Bisa di simpulkan penggunaan teaching games for understanding (TGFU) dan Role Playing berpengaruh pada hasil belajar shoting permainan basket siswa kelas VII D dan VII I di SMPN 2 Juwana.

 

Kata kunci: Teaching Game for Understanding, Role Playing, Hasil Belajar Shooting

Downloads

Published

2024-01-12