PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI TIC-TAC-TOE DAN CATCH & RUSH TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK SISWA SMA NEGERI 1 COMAL
Abstract
Banyaknya siswa yang memperoleh nilai lari jarak pendek dibawah KKM atau belum tuntas serta guru yang memakai metode pembelajaran cenderung monoton yang menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari riset ini yakni guna mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan modifikasi Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush terhadap hasil belajar lari jarak pendek siswa SMA Negeri 1 Comal. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain Two Groups Pretest-Posttest. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Comal. Dalam pengambilan sampel, dipergunakan metode purposive sampling dengan melibatkan kelas XII IPS 1 dan XII IPS 4 yang totalnya mencapai 70 siswa sebagai sampel penelitian. Terjadi peningkatan nilai mean kelas dengan treatment permainan Tic-Tac-Toe dari pretest sebesar 73,71 menjadi posttest sebesar 85,83 dan peningkatan nilai mean kelas dengan treatment permainan Catch & Rush dari pretest sebesar 72,34 menjadi posttest sebesar 87,69. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh penerapan permainan modifikasi Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush terhadap hasil belajar lari jarak pendek dengan peningkatan treatment permainan Catch & Rush lebih tinggi dengan hasil 21% dibandingkan dengan treatment permainan Tic-Tac-Toe dengan hasil 16%.
Kata kunci: Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek, Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush