PENGARUH PASSING BAWAH PERMAINAN 2 0N 2 TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH EKSTRAKULIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 1 CANDIROTO

Authors

  • Ayub Noveriyan

Abstract

Latar belakang masih kurangnya pembagian waktu dalam latihan untuk peningkatan passing bawah, kurang adanya permainan atau variasi pembelajaran passing bawah dan proses latihan siswa dengan proses pembelajaran yang masih belum sinkron. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang passing bawah, Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah dengan latihan Passing Bawah Permainan 2 On 2 Terhadap Peningkatan Passing Bawah Ekstrakulikuler Bola Voli Sma N 1 Candiroto dapat meningkatkan kemampuan passing bawah atau tidak.

Desain  yang dipakai pre-test and post-test groups. Sampel penelitian ialah 8 siswa ekstrakurikuler bola voli SMA N 1 Candiroto. Purposive sampling teknik yang diambil dalam mengambil sampel. Pengambilan data dipenelitian ini memakai instrument pretest dan posttest.

Dari besaran perbedaan angka rata-rata pretest dan posttest antara sebelum diberikan latihan passing bawah permainan 2 on 2 dan sesudah diberikannya latihan, maka ada perbedaaan yang signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 17.75, kemudian diberikan program latihan, Maka nilai 22.13 ada selisish 4.38.

Dengan hasil perhitungan tersebut, latihan Passing Bawah Permainan 2 On 2 bisa meningkatkan kemampuan passing bawah siswa.

Downloads

Published

2023-12-24