ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG
Abstract
Tujuan penelitian mendeskripsikan pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi Covid-19 siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Metode penelitian skripsi dengan deskriptif kualitatif yaitu pendekatan one shot case study dengan metode survey. Pengumpulan datan menggunakan kuesioner. Data penelitian berupa angket googleform. Sumber data yaitu guru dan siswa SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran PJOK pada masa pandemi Covid-19 di SMK Cut Nya’ Dien Semarang dijelaskan dalam beberapa indikator yaitu guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, guru menggunakan metode pembelajaran daring, pembelajaran PJOK sesuai dengan RPP namun tidak runtut, media pembelajaran daring whatsapp group dan Office Teams, siswa antusias dan berpartisipasi baik dalam pembelajaran meski ada beberapa yang belum aktif, guru bekerjasama dengan orang tua siswa agar proses pembelajaran PJOK tetap berlangsung, guru mengatakan dalam pembelajaran daring hanya sebagian pembelajaran yang sesuai RPP, penilaian berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian, guru menilai pembelajaran daring tidak efektif, dan kendala mengakses internet.