ENGARUH PERMAINAN VOLKRAW UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI KELAS XI IPA SMA N 1 SRAGI PEKALONGAN

Authors

  • agung dwijayanto agung dwijayanto

Keywords:

Permainan Volkraw, Passing Bawah, Pembelajaran PJOK

Abstract

“Pengaruh permainan Volkraw untuk meningkatkan passing bawah di SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023.

Penelitian ini didasarkan pada banyaknya siswa yang tidak dapat mengerjakan dengan baik, memperbaiki underpass, dan merasa bosan ketika mengikuti kelas pendidikan jasmani. Tujuan dari esai ini adalah dampak dari permainann volkraw dalam meningkatkan keterampilan passing forehand di SMA 1 Sragi. Esai yang dimaksud menggunakan desain eksperimen yang tepat dan sesuai single post-test of control design. Subyek ini melibatkan seluruh siswa di kelas XI SMA 1 Sragi menggunakan metode pengambilan sampel acak standar. Instrumen yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah tes kinerja berpasangan berdurasi 60 detik. Analisis statistik data menggunakan uji-t. Hasil belajar kelompok eksperimen mengalami peningkat dari 20,40 merupakan rata-rata nilai pre-test, sedangkan 33,65 merupakan rata-rata nilai post-test. Sedangkan  rata-rata skor kelompok kontrol sebelum tes adalah 23,14 menjadi  23,14 setelah tes, dan peningkatan dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok eksperimen mempunyai ukuran yang lebih besar. Uji Hipotesis  dari Uji Paired Sample T-test from the pre- and post-test diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,090 > 0,05 pada kelompok kontrol dan Sig. (2 sisi) = 0,000 < 0,05 pada kelompok eksperimen.

Downloads

Published

2023-12-24