Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VII SMPN 3 Jepara

Authors

  • anas hijrimukti anas hijrimukti

Keywords:

Kurikulum Merderka, PJOK, SMPN 3 Jepara

Abstract

Penelitian diawali dengan mengamati siswa kelas 7 SMPN 3 Jepara yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Guru sering kali kesulitan dengan kurikulum pembelajaran otonom, karena mereka kurang memiliki pelatihan khusus dan terus mengandalkan metode pengajaran tradisional berbasis ceramah. Selain itu, para guru menghadapi kebingungan seputar penerapan gaya penilaian baru untuk siswa kelas VII selama penilaian. Meskipun tersedia kurikulum independen, banyak siswa masih bingung dengan aspek pendidikan yang terkait dengan pembelajaran mandiri. Selain itu, pemberian tugas proyek dalam kurikulum pembelajaran mandiri terus membingungkan siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Metodologi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk observasi sendiri dilaksanakan untuk mendeskripsikan pembelajaran di kelas VII F terkait pembelajaran kurikulum merdeka, teknik wawancara ditujukan kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru PJOK, dan siswa kelas VII F dengan tujuan untuk mengetahui pembelajaran terkait implementasi kurikulum merdeka, sementara untuk teknik dokumentasi digunakan sebagai bahan bukti dalam pelaksanaan penelitian skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Mandiri pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VII SMPN 3 Jepara Tahun Pelajaran 2023/2024 dinilai memuaskan, hal ini ditentukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan kepada kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru PJOK, dan siswa. 

Downloads

Published

2023-12-24