Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Penjasorkes di SMP dan MTs Se-Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang

Authors

  • Gianto

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran penjasorkes yang sesuai dengan kebijakan kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan guru penjasorkes dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP dan MTs se-Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang sudah menerapkan kurikulum Merdeka TA 2022/2023. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru penjasorkes dan siswa. Teknik dalam menganalisis data menggunakan triangulasi, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru Penjasorkes di SMP dan MTs se-Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang dalam pembelajaran sudah menerapkan metode pembelajaran terpusat pada siswa, perangkat pembelajaran yang digunakan guru sudah sesuai dengan ketentuan kurikulum Merdeka, hasil evaluasi selama satu tahun pelajaran menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan, baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Saran untuk pendidik dari penulis agar selalu meningkatkan kompetensi diri untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Published

2024-01-12