Model Problem Based Learning Berbantu Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model problem based learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Lubuklinggau dengan subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian nilai rata-rata siswa pada siklus 1 pre-test 44,64 dan post-test 71,79. Siklus 2 nilai rata-rata pre-test 49,64 dan post-test 73,93. Siklus 3 nilai rata-rata pre-test 57,50 dan post-test 79,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar.