Media Poster Digital Pada Pembelajaran SBdP Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mutiara Suryani Universitas PGRI Silampari
  • R. Angga Bagus Kusnanto Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Hasil belajar, Poster digital, SBdP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media poster digital dapat meningkatkan hasil belajar SBdP siswa sekolah dasar. Penelitiaan dilaksanakan di SD Negeri 46 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan prosedur penelitian PTK menggunakan model Kemmis & McTaggart yang meliput perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Negeri 46 Lubuklinggau. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata pre-test 43,64 dan post-test 71,82. Siklus 2 nilai rata-rata pre-test 51,82 dan post-test 74,55. Siklus 3 nilai rata-rata pre-test 54,55 dan post-test 81,82. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa media poster digital dapat meningkatkan hasil belajar SBdP siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-12-24