Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD N 32 Lubuklinggau

Authors

  • Tata Novela Universitas PGRI Silampari
  • Dedy Firduansyah Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan prosedur penelitian dengan model Kemmis & McTaggart yang meliput perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 32 Lubuklinggau. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata pre-test 39,55 dan post-test 72,23. Siklus 2 nilai rata-rata pre-test 47,73 dan post-test 80.00. Siklus 3 nilai rata-rata pre-test 48,64 dan post-test 86,82. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-12-24