MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN GAME SPIN WHEELS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD N 59 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Thomas Andrea Tharihoran Universitas PGRI Silampari

Keywords:

hasil belajar, IPS, Cooperative Learning Type Group Investigation,Game Spin Wheels

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Cooperative Learning Type Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 59 Lubuklinggau. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 59 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek  penelitian peserta didik  kelas IV SDN 59 Lubuklinggau sebanyak 13  orang terdiri dari 4 Laki-laki dan 9 perempuan. Model yang digunakan adalah model Cooperative Learning Type Group Investigation Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Penelitian terdiri dari tiga Siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 59 Lubuklinggau. Post-test 72,14, Siklus 2 nilai rata-rata Pre-test 52,14 dan Post-test 7642, Siklus 3 nilai rata-rata Pre-test 59,28 dan Post-test 80.00. Dengan ini dapat disimpulkan  bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Type Group Investigation dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran

Downloads

Published

2023-12-24